DAFTAR HARGA TOYOTA JAKARTA

Senin, 15 Februari 2010

NEWS: Japan's Top Selling Car Is A Hybrid

Sumber: www.mobilku.com

TOKYO — Toyota Prius menjadi mobil top seller di Jepang tahun lalu -- pertama kalinya mesin hybrid dengan gas elektris menduduki peringkat ini.

Asosiasi Dealer Otomotif Jepang mengatakan pada Jumat lalu bahwa Prius keluaran Toyota Motor Corporation menduduki peringkat no.1 dalam penjualan model kendaraan -- dengan 208,876 buah Prius terjual di tahun 2009, atau hampir tiga kali lipat penjualan di tahun 2008.

Sukses besar Prius di negara-nya Toyota ini, sang produsen otomotif terbesar dunia, menandai berkembangnya penerimaan konsumen terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Penjualan Mobil Hybrid mencetak angka 10 persen dari seluruh mobil baru di Jepang.

Pencapaian ini cukup signifikan dibanding dengan pasar global lainnya, dimana mobil hubrid memang menarik namun tetap menempati peringkat yang biasa saja. Kongres Mobil Ramah Lingkungan, yang meriset dan menyusun laporan tentang teknologi ramah lingkungan mengatakan bahwa hybrid memiliki pangsa pasar sebesar 2,8% dari seluruh mobil baru di Amerika Serikat.

Namun pemilik mobil di seluruh dunia mungkin tidak hanya terpana dengan hybrid namun juga plug-in hybrid, yang bahkan lebih ramah lingkungan ketimbang Prius.


Persaingan dalam kendaraan ramah lingkungan diharapkan semakin tinggi sembari mulai bermunculannya berbagai model dari produsen otomotif lainnya sebagaimana diprediksikan pada tahun 2010, seperti mobil Chevrolet Volt electric dari General Motors.


Sejauh ini, Prius menjadi primadona di Jepang.

Dengan mudahnya Prius menggeser Honda Insight ke peringkat 2 dengan angka penjualan 93,283 unit pada tahun tersebut dan menempati rangking ke-5 dari keseluruhan penjualan di Jepang..

Di peringkat ke-2 dari seluruh penjualan mobil di Jepang adalah Honda Fit (Jazz) yang diikuti dengan Toyota Vitz (Yaris). Keduanya bukan hybrid namun mungil dan merupakan model yang hemat bahan bakar.


Model ramah lingkungan mengalami peningkatan peringkat di tahun ini di Jepang akibat program pemerintah mengenai pemotongan pajak, yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan mobil di masa perlambatan ekonomi global yang secara serius telah melumpuhkan produsen otomotif Jepang.

Prius menjadi model dengan penjualan tertinggi pada Mei tahun lalu -- bulan dimana Prius Generasi ke-3-nya menghantam pasar. Saking populernya, para pembeli harus menunggu seminggu untuk mendapatkan pesanan mereka. Permintaan akan Prius juga cukup kuat di AS.

"Angka-angka itu telah menjelaskan dengan sendirinya,"  kata jurubicara Toyota, Paul Nolasco di Tokyo. "Prius mewakilkan sebuah komposisi ideal sebagai people carrier yang ramah lingkungan dan nyaman dikemudikan."

Prius kini telah mengalami generasi ketiga, semenjak dikenalkan pada tahun 1997, yang mana kini menjadi satu-satunya mobil hybrid berpedal elektrik dengan penjualan terbaik di seluruh dunia, yang telah terjual sebanyak lebih dari 1,6 juta unit di seluruh dunia.

Prius baru secara kombinatif mampu menempuh 50 Mil per galon, dibanding dengan model 2009 yang menempuh 46 mil per galon.

Bahkan di bawah standar pengujian pemerintah Jepang, Prius menempuh 38 km per liter, yang setara dengan jarak 90 mil per galon.


 

ABDI "AUTO 2000"
Mobile:0813 1559 7037
Yahoo!Messenger: abdi_toyota@yahoo.co.id

FASILITAS KHUSUS KONSUMEN AUTO2000
- Bantuan Derek (bebas biaya) 24 jam
- Bantuan Darurat di jalan (bebas biaya) 24 jam
- Diskon Spare part+aksesoris hingga 2,5%
- Toyota Home/Office Service (biaya sama dengan ke bengkel)
- Free Booking service via Astraworld (021) 500-898
- Servis Kilat Express Maintenance (021) 500-898