DAFTAR HARGA TOYOTA JAKARTA

Minggu, 27 Juni 2010

UJI Test Drive : NEW TOYOTA YARIS TRD 2010

sumber:www.toyota.astra.co.id

Berbeda dengan versi awal TRD Sportivo, Yaris yang satu ini tidak lagi mengisi pasar niche, melainkan menjadi varian flagship. Tampang sangar menjadi pembeda dari model lebih murah.

Moncong depannya kian agresif dengan hadirnya lip spoiler hitam dengan desain terbilang atraktif, seperti hendak memeluk jalan. Tampilannya semakin kokoh dengan hadirnya sirip putih yang mengentalkan aroma sporty.
 
Side skirt hadir dengan aksen logo TRD Sportivo di pintu belakang sebagai penguat. Sementara motif pelek berubah menjadi palang lima two tone dengan ukuran tetap 15 inci dan berbalut ban 185/60 R15.
Nuansa balap sangat kuat tercium dari buritan. Paling kentara dengan hadirnya diffuser hitam dengan ornamen mata kiiting di sudut kiri dan kanan. Sepasang muffler cutter bertengger manis di sudutnya. Sedangkan spoiler atap menjadi penegas keandalannya saat melaju di kecepatan tinggi. Walau minimalis, hadirnya sirip di sudut membuatnya terlihat seksi. Now, it's time for having fun...

Varian TRD Sportivo dilengkapi suspensi kit depan dan belakang. Tujuannya untuk membuat Yaris semakin stabil saat manuver. Tentu hambar rasanya jika agresivitas bentuk Yaris berkurang. Dan benar saja, Yaris ini lincah saat diajak 'bermain'.

Pindah jalur secara cepat tidak membuatnya limbung. Dengan panjang hanya 3.750 mm menjadikan upaya menerobos di tengah kepadatan jalan sebuah hiburan memikat. Apalagi Yaris dikenal memiliki akselerasi awal kuat karena besarnya perbandingan final gear yang dipakai.

Pengendalian kembali diuji saat harus melahap jalan berliku. Di sini terasa sekali bedanya dengan varian standar. Pengendalian Yaris TRD Sportivo versi kedua ini terasa Hat dan mampu mengikuti kemauan pengemudi. Memang potensi understeer tetap dirasakan, tapi itu lebih sulit dideteksi dibanding model standar.
Cukup surprise juga kami merasakan pengendalian Yaris TRD ini. Jika coba digambarkan secara eksak, terjadi peningkatan sekitar 20% dari model standar. Cukup untuk membuatnya terasa fun saat dikendarai. Suatu unsur yang sangat diminati segmen pembeli Yaris.

Bagaimana dengan performa? Mestinya dengan semakin kerasnya suspensi akan membantu ban mendapatkan traksi terbaik lantaran tidak mendapatkan beban berlebih dari gerakan mobil. Terbukti, saat start Yaris tidak liar meski berada di trek basah. Ia berhasil menuntaskan 0-100 km/ jam dalam waktu 11,74 detik.

Asyiknya, peningkatan respons suspensi tidak berimbas banyak pada kenyamanan. Bahkan untuk memastikannya kami sempat sengaja melindas bak kontrol. Bantingannya memang lebih keras
dari standar namun tidak sampai mengganggu. Jika coba dianalogikan terjadi penambahan kekerasan sekitar 5%. Tidak sampai membuat pasangan Anda marah karena merasa tidak nyaman.


Untungnya Yaris ini mengambil DNA dari model yang sebelumnya menjadi flagship itu. Oleh karenanya fitur memikat seperti fog-lamp depan, kontrol audio di setir, keyless, dan tombol Start/Stop tetap disematkan. Senyum Anda akan mengembang tanpa perlu repot dengan kenyamanannya.
 
ABDI CHRIST "AUTO 2000" 
HP: 0813 1559 7037 
Email: abdi_toyota@yahoo.co.id "

Welcome to TOYOTA FIRST CLASS Sales & Services"